UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ERA PANDEMI DI MTS ABADIYAH KURYOKALANGAN GABUS PATI

Authors

  • dewi rubiyati

Keywords:

Guru, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi di MTs Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati. Jenis penilitian ini tergolong dalam penelitian lapangan (field research). Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data diantaranya metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan mereduksi data, mendeskripsikan dan membuat kesimpulan.

Hasil penelitian di MTs Abadiyah menunjukkan bahwa upaya para guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di masa pandemi diantaranya dengan terlebih dahulu mengkondisikan agar semua siswa dapat mengikuti pembelajaran di sistem daring, menggunakan metode pembelajaran yang variatif, menyelipkan humor agar siswa tidak bosan, bekerja sama dengan orang tua untuk selalu mengamati dan turut serta memberikan motivasi disaat siswa masuk waktu belajar. Masih seringnya siswa merasa malas karena tidak harusnya datang ke sekolah menjadi kendala bagi guru untuk selalu memotivasi belajar siswa. Selain itu kendala akses pembelajaran daring juga masih sering terkendala.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affandi, Y., Darmuki, A., Hariyadi, A., (2022) The Evalution of JIDI (Jigsaw Discovery) Learning Model in the Course of Qu’ran Tafsir. International Journal of Instruction, 15(1), 799-820.

Busyra, Sarah & Lutfiah Sani. 2020. Kinerja Mengajar dengan Sistem Work From Home (WFH) pada Guru di SMK Purnawarman Purwakarta. Jurnal Pendidikan Islam. Volume 3 No. 01.

Darwis, Amri. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Islam (Pengembangan Ilmu Berparadigma Islami), Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Darmuki, A. & Ahmad Hariyadi.(2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran Jucama Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pidato Di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro.Kredo. 3(1), 62-72.

Darmuki, A., Ahmad Hariyadi. (2019). Peningkatan Keterampilan Pidato Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mahasiswa PBSI Tingkat IB IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019.Kredo.2(2), 256-267.

Darmuki, A., Ahmad Hariyadi, Nur Alfin Hidayati. (2019). Developing Beach Ball Group Investigations Cooperative. International ConferencesSeword Fresh, 1-7.

Darmuki, A., Ahmad Hariyadi, Nur Alfin Hidayati. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Pidato Menggunakan Metode Mind Map pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Kredo.3 (2), 263-276.

Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2021).Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Media Video Faststone di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 389-397.

Hariyadi, A., Agus Darmuki. (2019). Prestasi dan Motivasi Belajar dengan Konsep Diri.Prosiding Seminar Nasional Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial. PGSD UMK 2019, 280-286.

Hariyadi, Ahmad. 2018. User Of Smart Ladder Snanke Media to Improve Stundent Learning Outcomes Of IV Grade Students of State Elementary School I Doropayung Pancur Rembang. Refleksi Edukatika. Vol. 9 (1), 107-111.

Hasanah, U, Sarjono, Ahmad Hariyadi. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem. Aksara. Vol. 7(1). 43-52.

Helmawati. (2016). Pendidik Sebagai Model. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Husmah. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.

Imam Asy’ari, Sapari. (1981). Metodologi Penelitian Sosial, Surabaya: Rajawali Press.

J. Meolong, Lexy. (2008). Metode Penelitian Kualitatif . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lestari, Endang Titik. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Yagyakarta: Deepublish CV Budi Utama.

Maolani, Rukaesih A. & Ucu Cahyana. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Margono, S. (1995). Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Metode Ilmu Sosial lainnya), Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Agus dkk. (2020). Studi Eksplorasi Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Universitas Pelita Harapan: Tangerang

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R dan D, Bandung: Alfabeta.

Syatra, Nuni Yusvavera. (2013). Desain Relasi Efektif Guru dan Murid. Buku Biru: Yogyakarta.

Uno, Hamzah B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. (2016). Teori Motivasi & Pengukurannya, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yantoro Yantoro dkk. (2021). Inovasi guru dalam pembelajaran di era pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia. Vol. 7, No. 1. Busyra, Sarah & Lutfiah Sani. 2020. Kinerja Mengajar dengan Sistem Work From Home (WFH) pada Guru di SMK Purnawarman Purwakarta. Jurnal Pendidikan Islam. Volume 3 No. 01.

Darwis, Amri. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Islam (Pengembangan Ilmu Berparadigma Islami), Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathoni, Abdurrahmat. (2011). Metodologi Penelitian & Teknik Penyusuna Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Helmawati. (2016). Pendidik Sebagai Model. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Husmah. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.

Imam Asy’ari, Sapari. (1981). Metodologi Penelitian Sosial, Surabaya: Rajawali Press.

Lestari, Endang Titik. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Yagyakarta: Deepublish CV Budi Utama.

Maolani, Rukaesih A. & Ucu Cahyana. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Margono, S. (1995). Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Metode Ilmu Sosial lainnya), Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Agus dkk. (2020). Studi Eksplorasi Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Universitas Pelita Harapan: Tangerang

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R dan D, Bandung: Alfabeta.

Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2021). The Influence of 4C (Constructive, Critical, Creativity, Collaborative) Learning Model on Students’ Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 14(3), 873-892. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14351a.

Saputra, Rio Arda. Ahmad Hariyadi, Sarjono (2021) Pengaruh Konsep Diri dan Rewardd Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1046-1053

Shofwani, S. A., & Ahmad Hariyadi,. 2019. Pengaruh Kompensasi, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Universitas Muria Kudus. Jurnal Stie Semarang (Edisi Elektronik), 11 (1), 52-65.

Misidawati, D, W. dkk. 2021. Media Vidio untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Kuliah Managemen Pemasaran di Masa Pandemi Cocid-19 pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 382-388.

Syatra, Nuni Yusvavera. (2013). Desain Relasi Efektif Guru dan Murid. Buku Biru: Yogyakarta.

Uno, Hamzah B. (2016). Teori Motivasi & Pengukurannya, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wiji Astutik, S. Sarjono, Ahmad Hariyadi. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar IPS Siswa kelas VII SMPN 1 Senori Tahun Ajaran 2019/2020. Aksara. Vol. 7(1). 37-4

Yantoro Yantoro dkk. (2021). Inovasi guru dalam pembelajaran di era pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia. Vol. 7, No. 1.

Downloads

Published

2022-08-24

How to Cite

rubiyati, dewi. (2022). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ERA PANDEMI DI MTS ABADIYAH KURYOKALANGAN GABUS PATI. Qouman : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(2), 77–85. Retrieved from https://jurnal.staialhidayatlasem.ac.id/index.php/qouman/article/view/17

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.