" IMPLEMENTATION OF THE POINT SYSTEM AS A STUDENT DISCIPLINE MANAGEMENT STRATEGY”
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas implementasi sistem poin sebagai
strategi manajemen kedisiplinan siswa di SMP Taruna Dra Zulaeha. Dengan latar belakang
akan pentingnya kedisiplinan siswa dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif,
penelitian ini menggunakan teori operant conditioning sebagai kerangka konseptual untuk
mengeksplorasi bagaimana pemberian reinforcement positif dan negatif dapat memengaruhi
perilaku siswa. Rumusan masalah penelitian ini meliputi evaluasi terhadap sejauh mana
sistem poin mampu meningkatkan kedisiplinan siswa, persepsi siswa, guru, dan orang tua
terhadap sistem poin, serta identifikasi tantangan utama dalam penerapan sistem poin dan
strategi untuk mengatasi tantangan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara
mendalam dengan 20 siswa, 10 guru, dan 5 orang tua, serta observasi langsung dan analisis
dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem poin memiliki dampak positif terhadap
kedisiplinan siswa dengan meningkatkan motivasi siswa untuk berperilaku baik. Namun,
tantangan seperti konsistensi dalam penerapan aturan dan pemahaman yang mendalam dari
siswa tentang sistem poin diidentifikasi
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Nur Amin dkk

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.