MENGINTENSIFKAN PERANAN GURU DALAM MENANGGULANGI KEKERASAN DI SMP ISLAM TRUWOLU NGARINGAN GROBOGAN
Keywords:
Mengintensifkan, Guru, KekerasanAbstract
Pendidikan merupakan suatu proses untuk mendidik manusia ke arah yang lebh baik, ada berbagai macam cara untuk menuju hal tersebut. Akan tetapi, ada berbagai factor yang menghambat salah satunya adalah kekerasan dalam proses pembelajaran yang memberikan dampak negative terhadap pihak-pihak yang bersangkutan bahkan bisa jadi berujung pada suatu insiden yang berakibatkan pada suatu peristwa pembunuhan yang bermula dari hal-hal kecil. Peristiwa yang seperti ini merupakan pelanggaran hak-hak manusia, hal ini yang menjadi fokus peneliti untuk menyusun suatu konsep. Sxalah satu kasus yang menyita perhatian adalah kekerasan yang terjadai pada dunia pendidikan khususnya yang berkenaan dengan pelanggaran hukum pidana.
Maksud dari penelitian ini supaya guru ketika mengajar peserta didiknya tidak menggunakan kekerasan yang sesuai dengan perannya yang tertuang dalam peraturan pemerintah.
Downloads
References
Aan Hasanah (2012). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Pustaka Setia.
Abdul Rachman Shaleh (2004). Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa. Jakarta: Rajawali Pers.
Daryanto (2013). Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Gava Media.
H.A.R. Tilaar(2002), Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamka Abdul Aziz (2012), Karakter Guru Profesional, Jakarta: AL-MAWARDI.
Imron Fauzi, Manajemen Pendidikan ala Rasulullah. Jakarta: A-Ruzz Media,.
Iridiastadi, Hardianto dan Yassierli, Ergonomi Suatu Pengantar, Bandung: ROSDAKARYA,.
Kunandar (2014) Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers.
Muhammad Nabil Kazhim (2011). Sukses Mendidik Anak Tanpa Kekerasan. Solo: Pustaka Arafah.
Nyayu Khodijah (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Radno Harsanto (2007). Pengelolaan Kelas Yang Dinamis.Yogyakarta: Kanisius.
Saiful Bahri Djamarah (2010), Guru & Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka.
Sritomo Wignjosoebroto (2006). Ergonomi Studi Gerak Dan Waktu. Surabaya: Guna Widya.
Suharsimi Arikunto (1996). Pengelolaan kelas dan Siswa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Undang-undang RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Uzer Usman (2002), Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jaiz Jamalullael, Vidhy Andika Setyaningrum, Ahmad Suyuti, Zumrotul Istiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.