Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Dalam Penerapan Pembelajaran Fiqih di Mts NU Nurul Ulum Jekulo Kudus

Authors

  • edi purnomo

Keywords:

Model Pembelajaran VAK, Kognitif, Fiqih

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (Vak) Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Dalam Penerapan Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Nu Nurul Ulum Jekulo Kabupaten Kudus. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik.Teknik pengumpulan data menggunakan Angket, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan kredibilitas data dilakukan dengan teknik uji normalitas data, uji homogenitas data dan uji linieritas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (Vak) Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Dalam Penerapan Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Nu Nurul Ulum Jekulo Kabupaten Kudus sangat baik Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil angket pelaksanaan model visual, auditori, kinestetik (VAK) sebesar 97,31 dan ini terletak pada interval 92-105 dengan rata-rata dalam kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affandi, Y., Darmuki, A., Hariyadi, A., (2022) The Evalution of JIDI (Jigsaw Discovery) Learning Model in the Course of Qu’ran Tafsir. International Journal of Instruction, 15(1), 799-820.

Bobbi Deporter dan Mike Hernacki, Quantum Learning, Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan,

Darmuki, A. & Ahmad Hariyadi.(2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran Jucama Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pidato Di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro.Kredo. 3(1), 62-72.

Darmuki, A., Ahmad Hariyadi. (2019). Peningkatan Keterampilan Pidato Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mahasiswa PBSI Tingkat IB IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019.Kredo.2(2), 256-267.

Darmuki, A., Ahmad Hariyadi, Nur Alfin Hidayati. (2019). Developing Beach Ball Group Investigations Cooperative. International ConferencesSeword Fresh, 1-7.

Darmuki, A., Ahmad Hariyadi, Nur Alfin Hidayati. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Pidato Menggunakan Metode Mind Map pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Kredo.3 (2), 263-276.

Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2021).Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Media Video Faststone di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 389-397.

Hariyadi, A., Agus Darmuki. (2019). Prestasi dan Motivasi Belajar dengan Konsep Diri.Prosiding Seminar Nasional Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial. PGSD UMK 2019, 280-286.

Hariyadi, Ahmad. 2018. User Of Smart Ladder Snanke Media to Improve Stundent Learning Outcomes Of IV Grade Students of State Elementary School I Doropayung Pancur Rembang. Refleksi Edukatika. Vol. 9 (1), 107-111.

Hasanah, U, Sarjono, Ahmad Hariyadi. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem. Aksara. Vol. 7(1). 43-52.

Saifuddin Azwar, Metode Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2001.

Masrukhin, Statistik Deskriptif, Mitra Press, 2004.

Muhibbin Syah, 2006. Psikologi Pendidikan dan Pendekatan Baru, Bandung : PT Remaja Rosdakarya,

Ngalim Purwanto, 2007. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Rosda Karya

Sugiyono, 2005. Statistika untuk Penelitian, Bandung : CV Alvabeta

Suharsimi Arikunto,2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Suwarto, 2013, Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran,. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2021). The Influence of 4C (Constructive, Critical, Creativity, Collaborative) Learning Model on Students’ Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 14(3), 873-892. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14351a.

Saputra, Rio Arda. Ahmad Hariyadi, Sarjono (2021) Pengaruh Konsep Diri dan Rewardd Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1046-1053

Misidawati, D, W. dkk. 2021. Media Vidio untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Kuliah Managemen Pemasaran di Masa Pandemi Cocid-19 pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 382-388.

Wiji Astutik, S. Sarjono, Ahmad Hariyadi. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar IPS Siswa kelas VII SMPN 1 Senori Tahun Ajaran 2019/2020. Aksara. Vol. 7(1). 37-42

Downloads

Published

2022-08-24

How to Cite

purnomo, edi. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Dalam Penerapan Pembelajaran Fiqih di Mts NU Nurul Ulum Jekulo Kudus. Qouman : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(2), 63–76. Retrieved from https://jurnal.staialhidayatlasem.ac.id/index.php/qouman/article/view/16

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.