STRENGTHENING RELIGIOUS MODERATION EDUCATION IN ISLAMIC BOARDING SCHOOLS: IMPLEMENTATION STRATEGY IN THE CONTEMPORARY ERA IN FORMING STUDENTS' ATTITUDES OF TOLERANCE

Authors

  • Sadid Fikri, Jazilurrahman, Muhamamad Munif, Alma Vorfi Lama University of Business and Technology, Kosovo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Strengthening Religious Moderation Education In Islamic Boarding Schools: Implementation Strategy In The Contemporary Era In Forming Students' Attitudes Of Tolerance. Desain penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Setting penelitian dilaksanakan di pondok pesantren Darut Hayat yang berlokasi di desa Sentong kecamatan Krejengan kabupaten Probolinggo. Waktu pelaksanaan penelitian dari bulan Februari sampai dengan bulan April 2024 Tekhnik pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan analisa data, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif jenis Miles dan Huberman, yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelian menunjukkan bahwa Strengthening Religious Moderation Education In Islamic Boarding Schools: Implementation Strategy In The Contemporary Era In Forming Students' Attitudes Of Tolerance ialah Role model keteladanan moderat kiai, Desain brand image pesantren (moderat, demokrat dan diplomat), Integrasi nilai-nilai moderasi beragama dalam kurikulum pendidikan pesantren, Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, Pengajian kitab kuning moderasi beragama, dan Seminar moderasi beragama.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-22

How to Cite

Sadid Fikri, Jazilurrahman, Muhamamad Munif, Alma Vorfi Lama. (2025). STRENGTHENING RELIGIOUS MODERATION EDUCATION IN ISLAMIC BOARDING SCHOOLS: IMPLEMENTATION STRATEGY IN THE CONTEMPORARY ERA IN FORMING STUDENTS’ ATTITUDES OF TOLERANCE. Qouman : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2). Retrieved from https://jurnal.staialhidayatlasem.ac.id/index.php/qouman/article/view/63