INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN ILMU KEDOKTERAN DI UNIVERSITAS SULTAN AGUNG SEMARANG
Keywords:
Integrasi, Pendidikan Agama Islam, fakultas kedokteranAbstract
Dikotomi antara ilmu agama dengan ilmu umum pada sistem pendidikan tidak perlu terjadi sebab iman dan pengetahuan faktanya tidak dapat dipisahkan. Keduanya seperti dua sisi yang saling terkait, agama tanpa ilmu rapuh dan ilmu tanpa agama lumpuh. Iman tanpa pengetahuan membawa manusia kepada kehidupan yang apatis, sedangkan pengetahuan tanpa iman akan menjerumuskan manusia ke dalam suatu kerusakan. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk menelisik integrasi nilai-nilai agama islam dengan nilai-nilai ilmu pengetahuan di Fakultas Kedokteran UNISSULA Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data untuk memperoleh data yang kredibel. Hasil penelitian menunjukkan Pelaksanaaan pembelajaran PAI menyinergikan ilmu pengetahuan, yaitu antara ilmu pengetahuan umum dan ilmu keisalaman yang dapat diistilahkan sebagai islamisasi ilmu pengetahuan. Islamisasi ilmu pengetahuan di Fakultas Kedokteran UNISSULA Semarang didukung oleh seluruh sumber daya manusia yang dalam hal ini ialah peran penting seorang pendidik. Pendidik atau dosen di Fakultas Kedokteran UNISSSULA dalam team PAI3 merancang, dan menerapkan pendidikan nondikotomik dengan mengikuti pelatihan.
Downloads
References
Abdussalam, Aam, Panduan Pelaksanaan Bimbingan Teknis Dosen MKWU Pendidikan Agama Islam tahun 2018, Ristekdikti, http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2018/03/Panduan-Bimtek-PAI-Tahun-2018.
Akhyar Lubis, Saiful, “Masyarakat Muslim dan Pendidikan Tinggi di Indonesia (Tantangan dalam Merintis Paradigmu Baru)”, Jurnal Analytica Islamica UINSU, Medan, 2014
Al-Faruqi, Ismail, Islamization of Knowledge: problems, principles dan perspective,dalam Islam: Source dan purpose of Knowledge, HerndonVa: IIIT, 1988.
Andreas Putra, Aris Try, “Konsep Pemikiran Ismail Raji Al FaruqI (Dari Tauhid Menuju Integrasi Ilmu Pengetahuan di Lembaga Pendidikan,” Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 6, No. 1, Juli (2020)
Dhakidae, Ed. Daniel, Era Disrupsi Peluang dan Tantangan Pendidikan Tinggi Indonesia, Jakarta: Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia, 2017
Ma’arif, Syamsul, Revitalisasi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.
Moosa, Ebrahim, “ Introduction”, dalam Ebrahim Moosa (Ed. dan Pengantar), Revival and Reform in Islam: A Study of Islamic Fundamentalism Fazlur Rahman, Oxford: Oneworld Publications, 2000.
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam;Upaya Mengefektifkan PendidikanAgama Islam di Sekolah, (Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2008), h.43
-------------, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Muliawan, Jasa Ungguh, Pendidikan Islam Integratif, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2005.
Mulkhan, Abdul Munir, Nalar Spiritual Pendidikan, Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam, Yogyakarta: Tiara wacana, 2002.
Nata, Abuddin dkk., Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.
Nazir, Moh, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1988.
Nizar, Samsul, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta : Kencana, 2011.
Ruslan, Rosady, Metode Penelitian: Public Relations dan Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.
Sanaky, Hujair AH, Paradigma Pendidikan Islam: Membangun Masyarakat Madani Indonesia, Yogyakarta: Safaria Insania Press, 2003.
Sidiq, Umar dan Moh. Miftachul Choiri, Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan, Ponorogo: CV. Nata Karya, 2019.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2009
Wilbert, Ken, A Theory of Every Thing: Solusi Menyeluruh atas Masalah-Masalah Kemanusiaan, Jakarta: Mizan, 2012.
Said, Muhammad, Nuryani Muhammad, & Kaviyarasu Elangkovan. “The Continuity and Change of Indonesia’s Islamic Higher Educational Institutions in the Amid of Educational Policy Change”, Asian Social Science, Vol.10 No,6, 2014.
Suprayogo, Imam, Reorientasi Pendidikan Agama di Universitas Islam, Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas-Gramedia, 2014.
Tholhah, Moch “Gagasan Islamisasi Pengetahuan, Pendekatan al faruqi dan al attas, “ Solusi: Media Komunikasi Intelektual dan Keagamaan, vol. 2 no.1, 2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 cholifah cholifah, Fatkhatul Aliyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.