IMPLUS IMAM AL-GHOZALI DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Alexander Guci STAI Asy-syukriyyah
  • muhammad luqman hakim STAI AL-HIDAYAT LASEM

Keywords:

Implus, Imam Al-Ghozali, Pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan merupakan proses dari peberdayaan potensi dalam diri manusia serta pengembangan intelektualitas pemikiran. Bila kita menengok kembali kemajuan peradaban yang pernah dicapai Islam pada abad pertengahan, hal itu tak lepas dari keberhasilan dunia pendidikan pada zaman itu, kota-kota Islam telah menjelma menjadi pusat pendidikan dan peradaban yang sangat maju. Adapun metode penelitian yang diguanakan dalam riset ini adalah kualitatif dimana menggunakan  kajian pustaka yang mengumpulkan berbagai leterature yang ada. Hasil dalam penelitian ini adalah Dalam pemikiran filsafat Al-Ghazali, terdapat empat unsur pemikiran filsafat yang mempengaruhinya. Di dalam mendapatkan ilmu al-ghazali memiliki 2 cara yakni melalui bimbingan dan yang kedua melalui tuhan langsung atau dalam hal ini disebut ilmu ladduni. Menurut Al-Ghazali orang sufi benar-benar berada di atas jalan yang benar , berakhlak yang baik dan berpengetahuan. Menurut al- Ghozali konsep pendidikan islam pendidikan merupakan ibadah dan upaya peningkatan kualitas diri. Pendidikan yang baik merupakan jalan untuk mendekatkan diri Allah dan mendapatkan kebahagian dunia-akhirat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ghazali, Tahafut al-Falasifah, Yogyakarta: Islamika, 2003.

Arifin M., Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta, Bumi Aksara, 1991.

Hanafi, Ahmad, Pengantar Filsafat Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1990.

Jalaluddin & Usman Said, Filsafat Pendidikan Islam, Konsep dan Perkembangan Pemikiran, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1994.

Kholiq, Abdul Dkk., Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Tokoh Klasik & Kontemporer, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang bekerjasama dengan Pustaka Pelajar, 1999.

Leaman, Seyyed Hossein Nasr dan Oliver, Ensiklopedi Tematis Filsafat Islam, Bandung: Penerbit Mizan dan anggota IKAPI, 2003.

Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.

Najati, Muhammad Utsman, Jiwa Dalam Pandangan Filosofis Muslim, Bandung: Pustaka Hidayah, 2002.

Nizar, Samsul, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta, Ciputat Pers, 2002.

Sudarsono, Filsafat Islam, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1997.

Tadjab, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Malang: Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, 1984.

Umam, Cholil, Ikhtisar Ilmu Pendidikan Islam, Surabaya: Duta Aksara, 1996.

Downloads

Published

2023-02-24

How to Cite

Guci, A., & hakim, muhammad luqman. (2023). IMPLUS IMAM AL-GHOZALI DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Qouman : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 1–10. Retrieved from https://jurnal.staialhidayatlasem.ac.id/index.php/qouman/article/view/21

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.