KONTRIBUSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN AKHLAK PERSPEKTIF ULAMA NUSANTARA STUDY PEMIKIRAN KH. BISRI MUSTOFA
Keywords:
Pendidikan, Akhlak, Perspektif, Ulama NusantaraAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan hasil kajian konsep akhlak tujuan pendidikan Islam perspektif ulama nusantara dengan studi pemikiran KH.Bisri Mustofa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, studi literatur atau penelitian kepustakaan bisa diartikan rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan metode pengumpulan data kepustakaan, membaca, mencatat serta menganalisa bahan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan tujuan pendidikan khususnya pembinaan akhlak yang digagas oleh KH. Bisri Mustofa tiga sebagai ulama yang hidup dalam tiga periode pemerintahan (Penjajahan, Orde Lama dan Orde Baru) ini pada dasarnya memiliki pencapaianyang besar yakni menciptakan generasi manusia paripurna (Insan kamil), manusia yang mampu menjalankan dua dimensi tugasnya baik sebagai hamba Allah (Abdullah) dan juga sebagai insan pembangun, penggerak dan pemakmur di muka bumi (khalifah fil ardh). Dengan corak yang sedikit berbeda dari pemikiran para ulama’ nusantara, KH. Bisri Mustofa menekankan pada corak tujuan pendidikan akhlak inilah yang juga mewarnai lembaga pendidikan yang dibentuk.
Downloads
References
Alfian. (2019) Pemikiran Pendidikan Islam Buya Hamka. Jurnal Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. 19 (2), 1-12.
Arifin. (2018) Pemikiran-pemikiran Emas Para Tokoh Pendidikan Islam dari Klasik Hingga Modern. Yogyakarta : IRCisod.
Arifudin, O. (2018) ‘Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang’, MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), pp. 209–218.
Burhanudin dan Baedowi. (2003). Transformasi Otoritas Keagamaan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Harun Asrohah. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Logos, 1999.
Langgulung (2002) Peralihan Paradigma Dalam Pendidikan Islam dan Sains Sosial.
Jakarta: Gaya Media Pratama.
Marimba. (1986). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung : Al-Ma’arif. Mahmud. (2011). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung : Pustaka setia.
Muhammad. (2016). Membedah Tujuan Muhammadiyah. Jurnal studi Islam. 12 (1), 1-12.
Prasetya. (2014). Pahlawan-Pahwalan Bangsa yang Terlupakan. Yogyakarta : Saufa.
Suwito. (2003). Sejarah Pemikiran dan Para Tokoh Pendidikan. Bandung : Angkasa.
Shodiq. (2008). Pertemuan Tarekat dan NU. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Sugiyono (2012) Metode penelitian pendidikan. Bandung:Alfabeta.
Tanjung, R. (2019) ‘Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang)’, MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), pp. 234– 242.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Saifuddin Zuhri, Nurochman bin Sayyid, Ikhsan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.