PENGARUH NILAI NASABAH, KUALITAS PRODUK, KUALITAS JASA SYARIAH DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI BANK SYARIAH MANDIRI KUDUS

Authors

  • Mohammad Sof’an STAI Al-Hidayat Lasem Rembang, Indonesia
  • Siti Aniqoh Shofwani

Keywords:

Nilai Nasabah, Kualitas Produk, Kualitas Jasa Syariah, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah

Abstract

Pengaruh Nilai Nasabah, Kualitas Produk, Kualitas Jasa Syariah dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah di Bank Syariah Mandiri Kudus.
Tujuan penelitian ini adalah: pertama, untuk menguji secara empiris pengaruh nilai nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Kudus berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Kedua, untuk menguji secara empiris pengaruh kualitas produk Bank Syariah Mandiri Cabang Kudus berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Ketiga, untuk menguji secara empiris pengaruh kualitas jasa syariah Bank Syariah Mandiri Cabang Kudus berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Keempat, Untuk menguji secara empiris pengaruh kepuasan nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Kudus berpengaruh terhadap loyalitas nasabah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan field research dengan metode angket yang disebarkan langsung pada nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Kudus sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Adapun hasil temuan penelitian ini adalah: pertama, nilai nasabah memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah pada nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Kudus ini dibuktikan dari hasil nilai thitung > ttabel. Hal ini terlihat nilai thitung sebesar 3,034 > ttabel sebesar 1,984 dengan taraf signifikansi di bawah 5%. Kedua, kualitas produk memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Kudus ini dibuktikan dari hasil nilai thitung > ttabel. Hal ini terlihat nilai thitung sebesar 3,166 > ttabel sebesar 1,984 dengan taraf signifikansi di bawah 5%. Ketiga, kualitas jasa syariah memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Kudus ini dibuktikan dari hasil nilai thitung > ttabel. Hal ini terlihat nilai thitung sebesar 2,976 > ttabel sebesar 1,984 dengan taraf signifikansi di bawah 5%. Keempat, kepuasan nasabah memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Kudus ini dibuktikan dari hasil nilai thitung > ttabel. Hal ini terlihat nilai thitung sebesar 2,799 > ttabel sebesar 1,984 dengan taraf signifikansi di bawah 5%

Downloads

Published

2022-04-26

How to Cite

Sof’an, M., & Shofwani, S. A. (2022). PENGARUH NILAI NASABAH, KUALITAS PRODUK, KUALITAS JASA SYARIAH DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI BANK SYARIAH MANDIRI KUDUS. JINGJI : Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 10–18. Retrieved from https://jurnal.staialhidayatlasem.ac.id/index.php/jingji/article/view/9

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.