STRATEGI PEMASARAN BERBASIS ONLINE PADA PRODUK BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) “AL AMIN” DESA NGEMPLAK LOR KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI
Keywords:
Strategi Pemasaran, Bisnis Online, BUMDes Al AminAbstract
Pandemi covid-19 harus disikapi oleh para pelaku usaha dengan penerapan langkah - langkah strategis untuk kelangsungan bisnisnya. Upaya penguatan strategi pemasaran dan inovasi pengolahan produk perlu dilakukan oleh para pengambil kebijakan di desa dalam rangka mengembangkan perekonomian desa. Desa Ngemplak Lor berpotensi untuk memperkuat strategi pemasaran dan pengolahan produk lokalnya secara inovatif yang dihasilkan oleh pelaku UMKM di desa tersebut. Namun harus diakui keberadaan pelaku BUMDes dan UMKM di Desa Ngemplak Lor belum optimal sehingga menyebabkan potensi pemasaran dan pengolahan produk lokalnya kurang optimal. Salah satu bentuk inovasi yang sedang dikembangkan dan berjalan oleh BUMDes Al Amin yaitu melakukan pemasaran produk BUMDes berbasis online melalui aplikasi facebook market place, grab food, dan lain lain. Tetapi sampai sekarang penggunaannya belum maksimal, sebab banyak masyarakat Desa Ngemplak Lor belum mengetahui adanya promosi dan pelayanan penjualan lewat aplikasi tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dan dampaknya pada perekonomian desa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal JINGJI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.